Total Tayangan Halaman

Sabtu, 19 Maret 2016

Mengulas Novel 5 CM

5 CM.

Novel berjudul ‘5cm’ ini merupakan buah karya dari penulis pemula yang lahir di Jakarta tahun 1978 yaitu, Donny Dhirgantoro. Novel setebal 382 halaman ini berhasil masuk dalam jajaran novel paling laris di Indonesia yang ditertbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Novel fiksi ini telah difilmkan dengan menggaet beberapa bintang ternama sebagai pemerannya, seperti; Herjunot Ali, Raline Shah, Denny Sumargo, Fedi Nuril, Igor Saykoji, Pevita Pearce, dan Happy Salma sebagai bintang tamu. Novel ini memiliki sampul depan bergambar potret salah satu adegan dalam filmnya saat para tokoh utamanya mendaki Gunung Semeru. Novel ini berciri khas yaitu penulisan judulnya yang berwarna putih dan disertai titik berwarna merah setelahnya.
Pada novel ini Donny mengisahkan perjuangan sekelompok sahabat yang untuk pertama kalinya mendaki Gunung Semeru. Kisah persahabatan mereka yang dituangkan dalam novel ini memuat unsur-unsur inspirasional bagi para pembaca. Novel ini sarat akan makna dalam kehidupan seperti mengajarkan kita untuk semangat dalam meraih mimpi dan membangkitkan minat untuk lebih memiliki jiwa nasionalisme.
Kisah dalam buku ini dimulai oleh pengenalan sekelompok remaja yang telah menjalin tali persahabatan selama tujuh tahun lamanya. Mereka terdiri dari lima orang yaitu ; Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta.  Arial adalah sosok yang paling ‘gede’ postur tubuhnya di antara mereka. Maklum karena Arial memang suka olahraga sehingga otot-otot badannya pun terbentuk dengan sempurna. Arial memiliki seorang adik perempuan bernama Dinda yang sangat cantik dan seksi.Yang kedua adalah Riani. Pribadi Riani cenderung ramah dengan pembawaannya yang cerdas di setiap hal. Riani adalah satu-satunya perempuan di antara kelima sahabat tersebut. Sedangkan, Zafran adalah anak band yang kocak, sok puitis, dan sangat menjiwai seni. Zafran disinyalir mempunyai sekelumit rasa pada adik perempuan Arial. Anggota yang keempat adalah Ian. Ian yang paling gemuk ini hobi sekali makan mie instant dan nonton film porno.Ia penggemar berat Happy Salma dan Manchaster United, serta segala jenis game. Dan yang terakhir adalah sang leader, Genta. Genta merupakan seorang aktivis kampus yang berkaca mata dan easy going.
Suatu hari kelima sahabat tersebut merasa mulai bosan karena terus-terusan bertatap muka. Akhirnya mereka pun memutuskan untuk memberi jeda tatap muka mereka selama tiga bulan dan tanpa disertai komunikasi apa pun antara satu dengan yang lain. Setelah tiga bulan berlalu, Genta memberikan sebuah kejutan pada keempat sahabatnya tersebut. Genta mengajak mereka untuk melakukan suatu perjalanan yang memberikan pelajaran tak terhingga dengan menaiki Gunung Semeru untuk pertama kalinya. Petualangan yang mengajarkan tentang impian, cinta, dan kehidupan yang sebenarnya pun mereka rasakan di sana. Dalam peristiwa tersebut, satu per satu dari mereka pun mulai nampak perasaannya cintanya.Seperti Riani pada Zafran, Zafran pada Dinda, Dinda pada Genta, dan Genta pada Riani. Dari hal tersebut mereka mulai memahami tentang arti merelakan dan kehilangan .Karena sebagian dari mereka harus mendapatkan cinta yang bertepuk sebelah tangan.
Novel ini sarat akan keisnpirasionalan yang akan mengajak para pembacanya untuk lebih bersemangat meraih cita dan mampu membangkitkan jiwa nasionalisme jauh dalam lubuk hati mereka dengan motivasi-motivasi yang tercantum di dalamnya. Novel ini juga bisa jadi pedoman untuk siapaun yang ingin naik gunung agar mengetahui lebih lanjut gambaran apa yang akan mereka lalui nanti. Namun, meskipun novel ini memiliki alur cerita yang sangat bagus dan penggambarannya mendetail, novel ini membikin bingung para pembacanya karena disertai lirik lagu dan kutipan film mancanegara yang menjadikan pembaca malas untuk melanjutkan membaca karena kurang menangkap apa yang dimaksudkan pengarang. Ending di cerita ini pun menggantung.

Tetapi dari sisi kelebihan dan kelemahannya. Novel ini tetap harus dibaca oleh kalangan terpelajar karena dapat memotivasi dan menginspirasi serta membangkitka nnilai-nilai tentang impian, cinta, dan kehidupan. Novel ini bisa didapatkan di toko-toko buku terdekat dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar