Total Tayangan Halaman

Rabu, 06 April 2016

Mengapa Aku Tidak Punya Teman ?

Manusia sejatinya adalah makhluk sosial. Semua saling berhubungan dan saling membutuhkan. Maka dari itu, kita harus banyak membantu orang lain. Karena ada masa dimana kita juga membutuhkan bantuan dari orang lain. Hal ini tidak lepas dari pengaruh orang sekitar seperti keluarga atau teman. Merekalah yang paling dekat dengan kita. Merekalah yang selalu dengan terbuka mendengarkan keluhan kita. Merekalah yang selalu memotivasi kita untuk menjadi lebih baik. Dan merekalah yang selalu menemani kita walaupun dengan segala perbedaan yang pastinya ada dalam setiap insan manusia. Setiap orang tentunya memiliki kerabat atau keluarga. Karena dalam hubungan darah tersebut kita lahir di dunia. Tetapi adakah yang tidak punya teman atau kawan? Adakah yang selalu dikucilkan dari gegap gempitanya dunia luar ? Pasti ada. Kemungkinannya ada dua. Dia memang suka menyendiri atau dia memang dijauhi oleh orang lain karena perihal tertentu sehingga dia pun tidak mempunyai teman. Lalu mengapa dia sampai dijauhi oleh orang lain? Apakah dia melakukan suatu dosa besar? Berikut adalah beberapa alasan mengapa seseorang tidak mempunyai teman.

1. Malas berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain.

Pasti ada di antara kalian yang enggan menyapa, basa-basi, atau ngobrol santai dengan teman karena malu atau minder. Sayangnya hal ini justru menyebabkan seseorang akan cenderung dijauhi karena dianggap orang yang cuek, pendiam, atau bahkan bisu.

Lalu apa yang harus dilakukan? Cobalah berbaur dengan orang sekitar. Sapalah mereka dengan ramah dan tidak lupa senyum yang manis, lalu berbasa-basi sedikit agar lebih akrab. Kalian juga bisa melakukannya lewat media sosial jika kalian termasuk orang yang pemalu. Juga cobalah untuk lebih terbuka dan tidak menutup diri serta jangan terlalu minder. Maka orang pun dengan senang hati akan menerima kalian sebagai temannya. Intinya, berbicaralah pada orang lain, tetapi jangan memonopoli.

2. Tidak bisa dipercaya.

Jika teman kalian mempercayakan rahasianya pada kalian. Maka simpanlah rahasia tersebut baik-baik. Jangan disebar karena rahasia bukan rahasia namanya jika telah beredar dari mulut ke mulut. Teman pun akan menjauh dari kalian karena kecewa rahasianya telah dibongkar. Kalian pun akan dicap sebagai seseorang yang tidak bisa dipercaya atau bahkan dijuluki dengan julukan yang menyakitkan. Suatu saat jika kalian mempunyai rahasia, rahasia tersebut juga akan dibongkar akibat dari perbuatan kalian sendiri.

Jika teman kalian mempercayakan sebuah tugas untuk kalian. Maka kerjakanlah dengan semestinya. Jangan dianggap remeh dan asal-asalan untuk mengerjakannya. Kalau kalian mengerjakannya dengan setengah hati, bisa-bisa orang lain atau teman kalian itu akan kecewa dan tidak lagi mempercayakan tugas itu pada kalian. Dengan sendirinya kalian pun akan dikucilkan dari kelompok kerja karena sifat kalian itu.

3. Sering mengeluh dan tidak ada usaha.

Mengeluhnya setiap saat, pada hal-hal kecil pula. Tapi tidak ada usaha untuk memperbaiki hal-hal yang dieluhkan. Tidak ada siapa pun yang menyukai sikap negatif seperti itu. Maka jika kalian memiliki sikap seperti itu pastinya akan dijauhi. Jadi, cobalah untuk bersikap positif, selalu bersyukur, dan selalu berusaha dengan sungguh-sungguh.

4. Kebersihan diri.

Tidak ada yang menyukai seseorang yang bau ketiaknya menyengat, bajunya kusut, atau meja kantor atau sekolahnya kotor. Tidak ada juga seseorang yang menyukai setiap kedatangannya di rumah temannya yang dalam keadaan kotor dan berantakan. Maka dari itu selalulah menjaga kebersihan dan keindahan apa pun dalam diri kita maupun di sekitar kita. Kita pun juga harus membersihkan lisan, pikiran, dan panca indra kita dari sesuatu yang kotor agar tidak berpengaruh pada sekitar.

5. Mementingkan urusan pribadi daripada urusan golongan yang sebenarnya penting.

Adakah diantara kamu para pelajar yang jika ditarik uang kas oleh bendahara kelas selalu menghindar. Tidak punya uang alasannya? Uang kas 5000 seminggu terasa berat tetapi semangkuk mie ayam, makanan ringan, dan es yang totalnya hampir 10.000 dibeli.
Jadi, bagaimana seharusnya?
Bayarlah uang kas dahulu. Itu sangat penting. Hubungannya dengan fasilitas yang kita pakai disekolah. Kemudian sisanya baru dipakai untuk yang lain. Kalau memang kesulitan untuk membayar uang kas. Mintalah bantuan orang tua atau mintalah keringanan.

6. Menggantungkan segalanya pada orang lain.

Tidak ada yang suka jika kalian selalu menggantungkan apa-apa yang sebenarnya menjadi tanggungan pribadi kalian pada orang lain. Kalian akan dianggap tidak mandiri. Lalu, cobalah untuk mengerjakan sendiri apa-apa yang mudah bagi kalian. Berusahalah terlebih dahulu. Baru kemudian jika kalian benar-benar memiliki kesulitan, mintalah bantuan teman.

7. Suka berbohong dan melebih-lebihkan sesuatu.

Bagaimana kalian tidak dijauhi jika kalian memiliki sikap seperti itu? Berbohong dan melebih-lebihkan sesuatu itu sangat tidak baik. Sekali kalian berbohong, seumur hidup orang akan ragu. Pun jika kalian terlalu melebih-lebihkan sesuatu, kalian juga akan dijauhi karena dianggap lebay. Siapa pun akan menjadi risih dengan kalian.

---

Penting untuk kalian mengintropeksi diri. Bagian mana dari poin-poin penting di atas yang membuat kalian dijauhi oleh teman? Dan sebagaimana usaha kalian untuk berubah menjadi lebih baik dan memiliki banyak teman. Jangan malah pasrah dengan keadaan. Jangan pula ragu untuk meminta maaf dulun jika mempunyai suatu kesalahan dengan teman.

Siapa pun kalian, orang miskin, orang kaya, seniman, penari, pembuat kue, atau siapa pun sebenernya punya banyak kesempatan untuk memiliki banyak teman. Tergantung dari diri kalian sendiri. Semangat !

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar