Total Tayangan Halaman

Jumat, 26 Februari 2016

Ini yang Harus Pelajar Lakukan Saat Memulai Bisnis

Kegiatan berbisnis menjalankan usaha sampingan mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pelajar. Selain dapat menghabiskan waktu luang, kita juga dapat mendapat keuntungan berupa uang yang halal dari bisnis yang kita jalankan tersebut. Kita pun dapat memanfaatkan uang tersebut sebagai bekal di masa depan.

Kegiatan berbisnis sejak dini bagi pelajar juga mampu untuk mengasah skill berbisnis mereka. Siapa tahu yang awalnya hanya coba-coba untuk berbisnis secara kecil-kecilan menjadi lebih besar bahkan bisa mengekspor sampai ke luar daerah atau pun ke luar negeri. Untung yang didapatkan pun menjadi semakin besar.

Banyak kisah sukses pelajar dalam berbisnis sehingga mereka mampu membayar  kebutuhan mereka sendiri seperti sekolah dan lainnya. Jika bisnis yang mereka jalankan telah berkembang menjadi lebih besar, mereka bisa menciptakan atau menyediakan lapangan kerja bagi orang lain.

Nah, jika diantara kalian para pelajar yang tertarik untuk melakoni kegiatan bisnis. Kalian bisa mengikuti cara-cara menjadi seorang pebisnis muda yang cerdas di bawah ini. Juga berbagai macam pilihan untuk ide usaha kreatif yang bisa kalian jalankan.



A. Cara-cara Menjadi Seorang Pebisnis

  • Menentukan barang atau jasa yang akan dijual. Misalnya saja: barang berupa olahan kue, alat elektronik, atau berupa jasa seperti, jasa pengetikan, juga peminjaman DVD film, reseller online, dll.
  • Memilih target pasar. Jika kita adalah kalangan pelajar, maka umumnya target kita juga merupakan para pelajar di sekolahan. Kita harus mengetahui barang atau jasa apakah yang saat ini sedang banyak dibutuhkan oleh pelajar. Misalnya berupa barang seperti; alat tulis, tas sekolah, dan lain. Bisa juga berupa jasa seperti; jasa pembuatan tugas rumah atau tutor sebaya.
  • Mempersiapan modal. Modal tidak harus dalam jumlah besar. Secara kecil-kecilan saja terlebih dahulu. Baru setelah lingkungan sekitar merespon positif usaha kita, kita bisa menyiapkan modal yang lebih besar dengan tak tanggung-tanggung.
  • Menetapkan harga produk barang atau jasa yang akan dijual. Harga yang terlalu murah mungkin akan membangkitkan minat pembeli yang banyak, tetapi lama kelamaan bisnis kita tidak akan berkembang dan bisa jadi lama kelamaan akan gulung tikar. Sebaiknya jika harga terlalu mahal tetapi kualitas barangnya biasa-biasa saja, minat pembeli akan semakin berkurang dan lama kelamaan juga akan gulung tikar. Jadi, kita harus secara bija menetapkan harga serta tidak membeda-bedakan harga pada costumBer. Terkadang kita memberikan harga yang murah atau malah memberi secara cuma-cuma pada pembeli yang merupakan teman atau keluarga dekat kita.
  • Memilih media promosi yang baik. Dengan banyaknya sosial media yang tercipta di masa sekarang ini. Kita bisa lebih mudah untuk mempromosikan barang atau jasa yang kita sediakan. Kita juga harus bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat suatu iklan yang sebegitu menariknya sehingga dapat menarik minat banyak orang.
  • Dan yang terpenting dari berbagai step di atas adalah: kita harus secara ulet menjalankan bisnis kita. Terus belajar dari kesalahan, semangat dan tidak menyerah jika suatu saat usaha bisnis kita sepi peminat. Sepinya peminat bisa disebabkan karena berbagai hal seperti; tak lagi dibutuhkannya barang atau jasa yang kita jual, harga yang jauh dari normal, ataupun kualitas jasa atau barang yang kita jual masih rendah, lamanya waktu pengiriman barang atau jasa, dan lain-lain.

B. Macam-Macam Ide Usaha Kreatif Untuk Para Pelajar.
  1. Les privat atau tutor sebaya
          Bagi kalian yang mempunyai kelebihan di bidang mata pelajaran tertentu. Kalian bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk menambah uang jajan kalian. Caranya dengan memberikan les privat atau semacam tutor sebaya pada teman atau adik kelas kalian yang kurang mampu dalm menguasai mata pelajaran tersebut. Kalian bisa menentukan tarif harga jasa kalian per jam/per hari. Hanya dengan bermodal kepandaian kita dapat menghasilkan uang. Menguntungkan bukan?
      2. Berjualan alat tulis, aksesoris, ataupun jajanan.
          Berjualan alat tulis sangat menguntungkan saat secara mendadak teman kita ada yang membutuhkan alat tulis karena alat tulis mereka hilang ataupun rusak. Begitu pula dengan berjalan aksesoris. Terutama jika kalian mempunyai banyak teman perempuan. Juga jika kalian atau keluarga kalian ada yang mempunya bakat membuat kue-kue lezat yang menarik. Kalian bisa memanfaatkannya dengan menjual kue-kue tersebut pada teman atau guru kalian.
       3. Jasa pembuatan tugas rumah
                 Mungkin ada diantara teman kalian yang malas mengerjakan pekerjaan rumah. Kalian bisa membuatkan tugas rumah mereka juga mengetik, mengeprint, juga memfotocopy-nya sesuai kebutuhan dan kalian akan dibayar.

Masih banyak lagi ide usaha kreatif yang dapat kalian jalanan seperti berjualan pulsa, kuota internet, sewa play station, sewa DVD, dan lain-lain. Tergantung minat kalian sendiri. Sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai WEB terpercaya dengan sedikit penambahan dan pengubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar