Total Tayangan Halaman

Sabtu, 27 Februari 2016

Tips Hidup Hemat ala Pelajar

Di era yang semakin modern ini. Tentunya semua barang atau pun jasa tidak lagi ada yang gratis. Karena semuanya telah memakai peralatan yang serba canggih dan teknologi yang mutakhir. Kebutuhan kita pun semakin meningkat dan pengeluaran yang kita keluarkan pun semakin besar. Bahkan nilai pengeluaran bisa saja melebihi dari nilai pendapatan.

Bagi kita kaum pelajar. Mungkin akan sulit untuk menyeimbangkan kondisi keuangan kita.. Apalagi jika uang saku yang diberikan orang tua hanya segitu saja. Yang masih harus di bagi dengan biaya transportasi jika jarak rumah dan sekolah cukup jauh, biaya makan siang, ataupun biaya tambahan mendadak seperti pembelian perlengkapan sekolah yang baru.

Nah, berikut adalah berbagai tips hidup hemat yang bisa diterapkan oleh pelajar. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas:


1. Budayakan Sarapan di Rumah dan Membawa Bekal ke Sekolah
   Banyak di antara kita kaum pelajar yang selalu terburu-buru datang ke sekolah. Akhirnya, mengabaikan sarapan yang sebenarnya sangat penting untuk tubuh kita. Selain membuat tubuh kita menjadi lesu dan mudah letih saat beraktivitas di sekolah, kita pun jadi mengeluarkan biaya tambahan untuk sarapan di sekolah. Apalagi jika kegiatan belajar-mengajar berlangsung hingga sore hari dan kita tidak membawa bekal. Kita pun harus mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk makan siang.
     Banyak sebenarnya manfaat yang kita dapatkan dengan membiasakan sarapan di rumah dan membawa bekal ke sekolah. Kita bisa menghemat lebih banyak pengeluaran dari uang saku kita. Juga, kita terhindar dari bahaya panganan tidak sehat yang kadang kala di jual di kantin maupun warung di sekitar sekolah.

2. Bawa Uang Secukupnya Saat Berpergian.
   Membawa uang yang secukupnya saat berpergian akan menghindarkan kita dari keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak penting dan tidak kita butuhkan. Kita pun juga terhindar dari ajakan teman untuk berhura-hura dengan berpergian dan menghabisan uang yang sebenarnya tidak ada manfaatnya.
3. Bijak dalam Membeli Barang
    Kita harus bijak dalam memilah barang manakah yang kita butuhkan untuk di beli. Barang tersebut selain bermanfaat dan berkualitas, juga harus memenuhi standar kantong kita. Pertimbangkanlah tempat kita membeli barang. Bisa saja ditempat lain menjual suatu barang yang kualitasnya sama tetapi jauh lebih murah.
4. Gunakanlah Fasilitas Gratis yang Banyak Tersedia di Sekitar Kamu
    Misalnya untuk berangkat sekolah gunakanlah sepeda jika jarak antar sekolah dan rumah cukup dekat. Atau jika jarak antar sekolah dan rumah cukup jauh, mintalah bantuan orang tua atau kerabat yang akan berpergian dan jalannya searah dengan sekolah kita. Hal ini banyak membantu untuk menghemat uang untuk naik angkutan umum ataupun untuk membeli bahan bakar kendaraan bermotor.
    Jika ada telepon umum di sekolah, gunakanlah telepon tersebut untuk menelepon orang tua, jika waktu belajar-mengajar telah usai dan anda ingin segera pulang. Atau mintalah bantuan teman yang memiliki telepon genggam. Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk membeli pulsa telepon genggam yang anda miliki.
   Gunakan pula fasilitas pinjaman buku di perpustakaan untuk mencari referensi belajar tanpa harus membrowsing dengan menggunakan kuota internet yang kita miliki sendiri. Bisa juga dengan menggunakan wi-fi gratis yang disediakan oleh sekolah bila ada.

5. Berpuasa
   Tidak hanya para pelajar muslim yang dapat berpuasa. Kalian yang non muslim pun juga bisa berpuasa. Banyak manfaat yang kita dapat dengan berpuasa terutama untuk kesehatan tubuh. Kita pun dapat menghemat lebih banyak uang saat berpuasa.
6. Kerja Paruh Waktu

    Bagi kalian para pelajar, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis sampingan. Hal tersebut selain dapat mengasah skill berbisnis kita juga dapat memperoleh uang saku tambahan yang tentunya halal. Kalau pun tidak kalian pun juga bisa mencari peruntungan dengan bekerja sampingan di suatu tempat seperti rumah makan, ataupun toko kelontong. Tentunya kegiatan tersebut harus tidak mengganggu kegiatan belajar kita di sekolah

7. Menabung

    Setelah kalian mengikuti tips-tips tersebut di atas dan berhasil mengumpulkan sisa uang saku yang banyak setiap bulannya. Kalian dapat memanfaatkan sisa uang saku tersebut untuk di tabung di bank. Kalian pun dapat menjadikannya bekal di masa depan. Selain aman, menabung di bank juga menghindarkan kita mengambil dengan mudah dan menggunakan uang tersebut untuk sesuatu yang tidak penting.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar