Total Tayangan Halaman

Kamis, 03 Maret 2016

Satria Berpena

Satria Berpena merupakan julukan dari seorang jurnalis atau wartawan. Menjadi seorang jurnalis dapat membuat hidup menjadi lebih bermakna sekaligus dapat memperoleh banyak pengalaman di dalamnya. Tetapi mengapa seorang jurnlais mendapat julukan .satria berpena'? Karena, memang tidak mudah untuk menjadi seorang jurnalis yang tangguh. Diperlukan kekuatan fisik dan mental yang kuat. Jurnalis harus merespons secara on time peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar tempat mereka bertugas seperti; kecelakaan lalu lintas, hasil pertandingan olahraga, dll., secara cepat dan tepat untuk diolah dan dijadikan sebuah berita yang kemudian disodorkan kepada masyarakat.
Menjadi seorang wartawan harus jujur, objektif, dan tidak berat sebelah dalam memberitakan suatu peristiwa. Juga, harus menjunjung tinggi etika jurnalistik untuk memberi informasi yang berimbang kepada masyarakat. Tetapi, meskipun mereka telah dengan sebaik-baiknya mengerti dan melaksanakan etika jurnalistik. Mereka juga harus berhati-hati terhadap penyerangan maupun tindak kekerasan pada mereka yang sedang menjalankan tugas.
Kelebihan memilih profesi sebagai seorang jurnalis adalah:  Bakat menulis kita menjadi lebih terasah karena setiap hari kita harus menulis dan mengolah berita dengan cepat tanpa sedikitpun kesalahan maupun kata-kata kasar yang menyinggung pembaca atau pendengar berita.

Kita yang memiliki hobi travelling juga dapat melaksanakan pekerjaan dan hobi sekaligus. Karena jurnalis sering dituntut berpetualang untuk mendapatkan berita. Sehingga dapat berpergian ke luar kota dan ke luar negeri secara gratis. Jangankan ongkos berpergian, ongkos untuk membeli perlengkapan make-up juga gratis jika suatu saat kita disuruh untuk menyajikan berita di layar kaca.

Dengan menjadi seorang jurnalis, kita juga bisa memahami keberagaman sudut pandang politik, gaya hidup, kemasyarakatan, dll., yang berada di sekitar kita. Namun dalam hal ini, jurnalis harus selalu beradaptasi dengan kondisi keberagaman yang berlaku di daerah mereka bekerja.


Tidak hanya itu, dengan menjadi seorang jurnalis kita bisa bertemu orang-orang penting seperti presiden, musisi, ataupun selebritis untuk kegiatan wawancara. Kita dapat meliput berita dengan menghadiri seminar besar, konser musik, atau semacamnya secara gratis.
                    Tugas dari seorang jurnalis adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat umum. Tidak hanya informasi, mereka juga mengungkap informasi dan melalukan penelitian untuk menemukan fakta baru. Sehingga boleh dikataka, seorang jurnalis berjasa dalam menyebarkan pengetahuan pada khalayak ramai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar